article-image

Sumber Gambar: Rodrigo dos Reis on Unsplash

Baca Juga

Wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran pemilik nama latin Daucus carota ini ternyata sangat mudah tumbuh, lho! Mengingat pentingnya manfaat wortel bagi kesehatan tubuh, tidak ada salahnya juga jika Sobat Tania mencoba menanam wortel dari rumah. Menanam wortel sendiri sebenarnya tidak membutuhkan banyak waktu yang lama. Perawatannya juga cenderung lebih mudah. Selain itu, Sobat Tania juga tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya sendiri. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips untuk menanam wortel dari rumah. Yuk simak pembahasannya bersama!

Mengetahui Syarat Tumbuh Wortel

Idealnya, wortel baik jika ditanam di wilayah yang memiliki iklim basah dengan durasi kering hanya sekitar 1,5 bulan sampai 3 bulan dalam 1 tahun. Selain itu, tidak ada salahnya juga jika Sobat Tania ingin menanamnya di polybag atau juga di pot. Pastikan juga kelembapan udara berada di sekitar 80-90%.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika akan menanam wortel, media tanam yang akan digunakan harus gembur dan juga subur. Unsur hara dan pH harus berkisar di antara 6-7. Jika ternyata pH tanah kurang dari 5, maka Sobat Tania bisa melakukan pengapuran dolomite.

Mengetahui Cara Mendapatkan Bibit Yang Baik

Setelah mengetahui syarat tumbuh untuk wortel dan sebelum mulai melakukan penanaman, Sobat Tania juga perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan bibit yang baik. Bibit yang unggul tentu akan menghasilkan wortel yang berkualitas baik pula. Saat memilih bibit wortel, Sobat Tania bisa memilih wortel dengan ciri-ciri produksinya tinggi dengan kemampuan adaptasi yang baik.

Jika Sobat Tania sudah mendapatkan bibit unggul, maka potong bagian ujung umbinya dengan ukuran 1/3 dari ukuran panjang umbi wortel. Setelah itu. pangkaslah bagian daun wortel yang berada di dekat pangkal umbi dan sisakan 10 cm saja. Siapkan juga pot atau polybag untuk pembibitan (bukan untuk proses penanaman), lalu lengkapi pot-nya dengan media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Jika sudah, maka taburkanlah pupuk trichokompos dan setelah itu biarkan dulu hingga 1 minggu. Jika satu minggu sudah terlewati, Sobat Tania bisa menanam umbi wortel yang sudah disiapkan.

Persiapan Menanam di Pot

Jika Sobat Tania ingin menanam wortel di pot, maka perlu diketahui bahwa fisik dari tanaman sayur ini memiliki jenis akar yang tumbuh ke dalam. Jadi. Sobat Tania bisa memilih pot yang punya ukuran kedalaman yang sesuai yaitu sekitar 30 - 40 cm. Selain itu, pastikanlah nantinya wortel mendapatkan cahaya matahari selama 9-10 jam setiap harinya agar pertumbuhannya optimal.

Persiapan Menanam di Polybag

Selain itu, jika Sobat Tania ingin menanam wortel di polybag, pastikan polybag-nya sudah diberikan lubang kecil agar nantinya ketika melakukan penyiraman, tidak ada air yang tergenang. Pastikan juga melakukan pemindahan bibit dengan sangat hati-hati dan sebaiknya, media bekas pembibitan juga ikut bersama akar supaya tanaman lebih cepat mudah beradaptasi.

Itulah beberapa informasi atau tips mengenai cara menanam wortel sendiri di rumah. Untuk informasi lebih lengkapnya, Sobat Tania juga bisa memanfaatkan fitur ‘Budidaya’ pada Aplikasi Dokter Tania. Semoga bermanfaat!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi